Belajar di Rumah – Aplikasi E-Learning Akses Link Di Sini

aplikasi-belajar-di-rumah

Penyebaran virus corona yang sudah mulai meluas hampir di seluruh dunia ini, memberikan dampak terhadap keberlangsungan system pendidikan di Indonesia. Seperti yang dilansir dari siaran Pers Presiden RI di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah memberlakukan adanya kegiatan Belajar Di Rumah.

Belajar Di Rumah

Pemerintah telah membuat kebijakan untuk meliburkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) mulai dari PAUD, TK, SD, SMP hingga SMA bahkan tingkat Universitas. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggap darurat yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

Presiden Jokowi berharap dengan Belajar Di Rumah, maka bisa mengurangi mobilitas pelajar dan mahasiswa di luar rumah. Dan Presiden Jokowi juga berharap untuk para guru bisa mendukung gerakan ini agar para pelajar tetap aktif melakukan kegiatan belajar walau sedang di rumah.

Dengan begitu Presiden Joko Widodo memberlakukan adanya e-learning, Yaitu kegiatan belajar secara online yang akan berlangsung selama 2 pekan. E-learning adalah proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa. Adapun proses pembelajarannya menggunakan teknologi Internet.

Selain dukungan dari para guru, kegiatan belajar di rumah ini juga memerlukan pendampingan orang tua, supaya kegiatan belajar di rumah berjalan maksimal.

Aplikasi E-learning

Aplikasi pembelajaran secara online atau e-learning bisa diakses melalui internet dengan menggunakan computer, laptop, tablet atau ponsel. Berikut beberapa link aplikasi e-learning yang dapat digunakan untuk belajar di rumah oleh pelajar dan mahasiswa.

  • Ruangguru

Ruangguru adalah perusahaan teknologi terbesar di Indonesia, yang fokusnya pada layanan berbasis pendidikan.

  • Zenius.net

Zenius.net adalah aplikasi yang menyediakan produk dan jasa untuk kegiatan belajar secara online.

  • Google Classroom

Google Classroom merupakan aplikasi daring untuk menunjang kegiatan belajar dengan memanfaatkan account gmail sebagai layanan pendidikan online

  • Microsof

Microsof juga menyediakan aplikasi belajar online, siswa dan guru menggunakan Office 365 Education gratis, siswa cukup memasukan alamat email sekolah saja.

  • Sekolah.mu

Sekolah.mu adalah aplikasi belajar dengan system blended learning pertama di Indonesia, berbasis teknologi serta berkolaborasi untuk menyediakan program belajar bagi semua orang.

  • Moodle

Moodle adalah aplikasi yang bisa diakses secara gratis untuk belajar secara online.

  • Blackboard CourseSites

Blackboard CourseSites merupakan aplikasi sekaligus portal penyedia layanan pendidikan online yang dapat diakses secara gratis, biasanya digunaskan oleh berbagai Universitas.

  • Schoology

Schoology adalah aplikasi LMS (Learning Management System) yang memiliki banyak fitur, biasanya digunakan juga oleh beberapa Universitas.

  • Latitude Learning

Ini adaalah portal layanan LMS pendidikan yang bisa digunakan oleh 100 pengguna sekaligus dalam 1 kelas.

  • Edmodo

Merupakan Platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa sebagai aplikasi penunjang kegiatan belajar secara online.

  • Quipper

Perusahaan Teknologi pendidikan yang menyediakan layanan produk dan jasa pendidikan bagi siswa di Indonesia.

  • Savima Edlink

Aplikasi berbasis android yang dikhususkan untuk dunia pendidikan dalam membantu dosen atau guru dalam meenghemt waktu, menjaga kelas tetap teratur, dan meeningkatkan komunikasi dengan mahasiswa.

Itulah beberapa layanan aplikasi pendidikan yang bisa digunaakan untuk kegiatan beelajar secaara online. Serta dapat diakses secara gratis.

Akhir Kata

Demikian ulasan serta kumpulan link aplikasi e-learning yang bisa kami informasikan untuk para pelajar, semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung ke digitekno.id, sampai jumpa di informasi selanjutnya.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Chrisdiana